MODUL 1
1. Jelaskan
kompetensi dasar pendidikan kewarganegaraan!Jawab :
Kompetensi
dasar mata kuliah Pendidikan Kewarganegaraan dapat dirumuskan sebagaiberikut:1.
Agar mahasiswa menjadi ilmuan dan profesional yang memiliki rasa kebangsaan dan
cintatanah air demokratis yang berkeadaban,2. Menjadi warga negara yang
memiliki daya saing, berdisiplin dan berdedikasi aktif dalammembangun kehidupan
yang damai berdasarkan sistem nilai-nilai Pancasila.
2. Jelaskan
pancasila sebagai dasar dan etika berbangsa dan bernegara di Indonesia!Jawab :
Sebagaimana
dipahami bahwa Pancasila sebagai dasar etika tercermin dalam setiap
sila-silanya.Dimana setiap sila tersebut merupakan satu kesatuan integral dan
integratif sebagaireferensi kritik sosial, komprehensif dan evaluatif bagi
etika dalam kehidupan berbangsa danbernegara. Konsekuensinya adalah norma etis
satu sila akan mendasari dan mengarahkan sila-sila lain.Pancasila sebagai dasar
dan etika berbangsa dan bernegara juga meliputi etika yangsarat dengan
nilai-nilai filsafat; jika memahami pancasila tidak dilandasi dengan
pemahamansegi-segi filsafatnya, maka yang ditangkap hanyalah segi fenomenalnya
saja, tanpa menyentuhinti hakikinya.
3. Jelaskan
bagaimana pendidikan kewarganegaraan dijadikan landasan untuk membangunmasyarakat
demokrasi berkeadaban! jawab :
Pendidikan
Kewarganegaraan adalah suatu bidang kajian yang mempunyai objek telaahkebajikan
dan budaya kewarganegaraan, menggunakan disiplin ilmu pendidikan dan ilmu
politiksebagai kerangka kerja keilmuan pokok serta disiplin ilmu lain yang
relevan. Oleh karena itu,rekonseptualisasi pendidikan kewarganegaraan dalam
konteks pendidikan demokrasi Indonesiasangatlah diperlukan.Pendidikan
Kewarganegaraan yang kita kenal sekarang telah mengalami perjalananpanjang dan
melalui kajian kritis. Pendidikan Kewarganegaraan sebagai instrumen
pengetahuan(the Body Of Knowledge) diarahkan untuk membangun masyarakat
demokrasi berkeadaban.
4. Jelaskan
mengapa Pendidikan Kewarganegaraan di Perguruan Tinggi Umum dijadikansebagai
dasar nilai dan pedoman berkarya bagi lulusan. jawab :
Berikut
Perjanjian dan Konferensi yang diikuti Indonesia yang kemudian tertuang
dalamKetetapan MPR dan UU yang dijadikan dasar nilai dan pedoman berkarya bagi
lulusan :1. Pendidikan abad 21 yang disepakati oleh 9 menteri pendidikan dari
negera-negaraberpenduduk terbesar di dunia, termasuk Indonesia di New Delhi
1996.2. Konferensi Dunia tentang pendidikan tinggi yang diselenggarakan oleh
UNESCO diParis pada tahun 1998 yang dihadiri oleh wakil-wakil dari 140 negara
termasukIndonesia menyepakati perubahan pendidikan tinggi ke masa depan yang
bertumpupada pandangan terhadap tanggung jawab.3. Ketetapan MPR No. VII Tahun
2001 tentang visi Indonesia 2020,4. UU No.20 Tahun 2003 memberikan rumusan
tentang Visi Indonesia 2020 berupamasyarakat warga yang berkeadaban.
Dengan dasar itu
semua maka Perguruan Tinggi harus mampu menghasilkan:”Manusiayang unggul secara
intelektual, anggun secara moral, kompeten dalam penguasaan
ilmupengetahuan,teknologi dan seni, serta memiliki komitmen tinggi untuk
berbagai kegiatanpemenuhan amanat sosial”.
MODUL 2
1. Jelaskan
pengertian filsafat pancasila!Jawab:
Menurut Ruslan
Abdulgani, bahwa Pancasila merupakan filsafat negara yang lahirsebagai
collectieve Ideologie (cita-cita bersama) dari seluruh bangsa Indonesia.
Dikatakansebagai filsafat, karena Pancasila merupakan hasil perenungan jiwa
yang mendalam yangdilakukan oleh the founding father kita, kemudian dituangkan
dalam suatu “sistem” yang tepat.Sedangkan menurut Notonagoro, Filsafat Pancasila
memberi pengetahuan dan pengertianilmiah yaitu tentang hakekat dari Pancasila.
2. Jelaskan
prinsip-prinsip filsafat pancasila!
Pancasila
ditinjau dari Kausalitas Aristoteles dapat dijelaskan sebagai berikut:1) Kausa
Materialis, maksudnya sebab yang berhubungan dengan materi/bahan, dalam hal
iniPancasila digali dari nilai-nilai sosial budaya yang ada dalam bangsa
Indonesia sendiri;2) Kausa Formalis, maksudnya sebab yang berhubungan dengan
bentuknya, Pancasila yang adadalam pembukaan UUD '45 memenuhi syarat formal
(kebenaran formal);3) Kausa Efisiensi, maksudnya kegiatan BPUPKI dan PPKI dalam
menyusun dan merumuskanPancasila menjadi dasar negara Indonesia merdeka;
serta4) Kausa Finalis. maksudnya berhubungan dengan tujuannya, yaitu tujuan
diusulkannyaPancasila sebagai dasar negara Indonesia merdeka.
3. Jelaskan
kajian ontologism, efistimologis dan aksiologis dari Pancasila! jawab
:Kajian Ontologism Pancasila :
Secara ontologis
kajian Pancasila sebagai filsafat dimaksudkansebagai upaya untuk mengetahui
hakekat dasar dari sila sila Pancasila.
Kajian
Efistimologis Pancasila :
Kajian
epistimologi filsafat pancasila dimaksudkan sebagaiupaya untuk mencari hakekat
pancasila sebagai suatu sistem pengetahuan.
Kajian
Aksiologis Pancasila :
Kajian aksiologi
filsafat Pancasila pada hakekatnya membahastentang nilai praksis atau manfaat
suatu pengetahuan tentang Pancasila.
4. Jelaskan
pancasila sebagai kristalisasi nilai-nilai budaya bangsa Indonesia!Jawab:
Pancasila
sebagai kristalisasi nilai-nilai luhur Bangsa Indonesia bahwa
Pancasiladirumuskan dari nilai-nilai budaya bangsa Indonesia yang ideal dan
mempunyai kelebihan-kelebihan wawasan ke depan yang integral, mengakui dan
mengembangkan kehidupan social religius, memiliki orientasi kemanusiaan serta
menciptakan iklim kehidupan yang seimbang,suasana kehidupan kekeluargaan,
menanamkan pola hidup kerakyatan dan mendorongdinamika perjuangan
MODUL 5
1. Jelaskan
pengertian konstitusi negara!Jawab:
Istilah
konstitusi berasal dari bahasa Perancis (constituer) yang berarti membentuk.Pemakaian
istilah konstitusi yang dimaksud ialah pembentukan suatu negara atau
menyusundan menyatakan suatu negara.Konstitusi sebagai pengertian hukum, dalam
pengertian ini keputusan-keputusanmasyarakat dijadikan perumusan yang
normative, yang kemudian harus berlaku.
2. Jelaskan
konstitusi sebagai landasan politik dan strategi nasional Indonesia!Jawab:
Konstitusi
sebagai pengertian sosial politik (political decision) adalah Bangunan-bangunan
yang ada dalam masyarakat tersebut sebagai hasil keputusan masyarakat itu
sendiri.Perlu dipahami, politik dan strategi nasional yang berlangsung selama
ini disusun berdasarkansistem kenegaraan menurut UUD 1945.
3. Jelaskan
amandemen/perubahan UUD 1945 dan dinamika pelaksanaan UUD 1945!Jawab:a. Proses
Perubahan/Amandemen Undang Undang Dasar 1945
Pasal terakhir
Undang-Undang Dasar 1945 hasil amandemen juga memuat tentangperubahan UUD,
terutama mengingat agar UUD itu senantiasa sesuai dengan perkembanganzaman dan
aspirasi rakyat. Pasal 37, memuat 5 ayat berkaitan dengan ketentuan
tentangperubahan UUD, yang intinya sebagai berikut:Pasal yang mengatur tentang
perubahan UUD ini ditentukan berkaitan dengan pasal-pasal UUD, jadi bukan
terhadap Pembukaan UUD 1945. Logikanya kalau hak itu menyangkutPerubahan
Pembukaan UUD 1945, hak itu sama halnya mengubah seluruh sistem negara
yangmeliputi bentuk negara, sifat negara.
b. Dinamika
pelaksanaan UUD’45 sejak awal kemerdekaan hingga era reformasi.
1. Masa
Kemerdekaan (1945-1949)Kurun waktu ini adalah masa revolusi fisik karena bangsa
Indonesia harus berjuangkembali mempertahankan negara dari rongrongan
penjajah.Pada masa ini juga terjadipenyimpangan sistem pemerintahan dari
presidensial menjadi parlementer,
2. Masa Orde
Lama (1959-1966)Orde lama mulai pada tanggal 5 Juli 1959 hingga 11 Maret 1966
saat diserahkannyaSupersemar oleh Presiden kepada Letjen Soeharto. Di masa ini
banyak terjadi penyelewenganterhadap Pancasila, misalnya Nasakom, pengangkatan
Presiden seumur hidup, danpembubaran DPR oleh Presiden.3.Masa Orde BaruOrde
Baru lahir sejak seminar TNI/AD II di Seskoad Bandung pada tanggal 25 s/d
31Agustus 1966. Ciri-ciri Orde Baru hampir sama dengan Orde Lama, kecuali
landasannya yangsedikit mengalami perubahan. Landasan konstitusionalnya tetap
UUD 1945, tetapi landasanstrukturalnya adalah kabinet Ampera sedangkan landasan
operasionalnya adalah Tap MPR.Orde Baru menginginkan suatu tatanan hidup,
perekonomian, dan politik yang stabil sertamelaksanakan cita-cita demokrasi
politik.4. Masa ReformasiDalam proses reformasi dewasa ini, terdapat berbagai
kajian untuk mengamandemenUUD 1945, karena UUD 1945 harus bersifat fleksibel.
Keinginan untuk mengamandemen itu juga munculkarena adanya sifat
“muitiinter-pretable” pada pasal
-pasal UUD 1945,
sehinggamengakibatkan adanya sentralisasi kekuasaan Presiden di masa Orde Lama
maupun Orde Baru.Melalui Sidang Umum MPR tahun 1999, hingga Sidang Tahunan MPR
2002, UUD 1945 telahmengalami amandemen.Perubahan ini dimaksudkan untuk
menyempurnakan Batang Tubuh UUD 1945 dan tidakmengubah Pembukaan UUD 1945.
Karena Pembukaan UUD 1945 merupakan ikrar berdirinyanegara Kesatuan Republik
Indonesia dan iamemuat Pancasila sebagai Dasar Negara, MPRberketetapan hati
untuk tidak mengubahnya.
4. Jelaskan
sistem kelembagaan dan hubungan antar lembaga negara kesatuan RI!Jawab:1.
Kelembagaan Negara
Berdasarkan
Perubahan UUD 1945 tidak mengenal lembaga tertinggi dan tinggi negara,melainkan
lembaga kekuasaan negara yang terdiri dari:1. Lembaga legislatif yaitu Majelis
Permusyawaratan Rakyat (MPR), terdiri atas DPR danDPD.2.Lembaga eksekutif,
yaitu Presiden danWakil Presiden.3.Lembaga Yudikatif yang memegang kekuasaan
kehakiman, terdiri dari Mahkamah AgungMA, MK dan Komisi Yudisial KY.4. Badan
Pemeriksa Keuangan (BPK).
2. Hubungan
Antar Lembaga-Lembaga Negara RI
a. Hubungan
Antara MPR Dan Presiden
MPR sebagai
pemegang kekuasaan tinggi sebagai wakil rakyat di samping DPR danPresiden. Hal
ini berdasarkan ketentuan dalam UUD 1945 bahwa baik Presiden maupun MPRdipilih
langsung oleh rakyat.Sesuai dengan ketentuan UUD 1945 hasil amandemen 2002,
maka Presiden dapatdiberhentikan sebelum habis masa jabatannya baik karena
permintaan sendiri atau karenatidak dapat melakukan kewajibannya maupun
diberhentikan oleh MPR.
b. Hubungan
Antara MPR Dan DPR
Oleh karena
anggota DPR seluruhnya merangkap angota MPR, maka MPR menggunakanDPR sebagai
tangan kanannya dalam melakukan pengawasan pelaksanaan kebijakan yangdilakukan
oleh Presiden sebagaimana ditetapkan oleh MPR.Dalam hal ini DPR menggunakan
hak-hak tertentu.yang dimilikinya seperti hak angket,hak amandemen, hak
interpelasi, hak budget, hak tanya inisiatif.MPR mempunyai tugas yang sangat
luas, melalui wewenang DPR, MPR mengemudikanpembuatan Undang-Undang serta
peraturan-peraturan lainnya agar undang-undang sertaperaturan-peraturan itu
sesuai dengan UUD 1945
c. Hubungan
Antara DPR Dan Presiden
Sebagai sesama
lembaga dan sesama anggota badan legislatif maka DPR dan Presidenbersama-sama
mempunyai tugas antara lain:i. Membuat Undang-Undang dan Menetapkan Undang-
Undang tentang anggaran pendapatandan belanja negara.ii. Membuat undang-undang
berarti menentukan kebijakan politik yang diselenggarakan olehPresiden
(Pemerintah).iii.Menetapkan budget negara pada hakekatnya berarti menetapkan
rencana kerja tahunan.Sesudah DPR bersama Presiden menetapkan UU dan RAP/RAB
negara maka di dalampelaksanaannya DPR berfungsi sebagai pengawas terhadap
pemerintah.
d. Hubungan
Antara DPR Dengan Menteri-Menteri
Seperti juga
halnya dengan Presiden, menteri-menteri tidak dapat dijatuhkan
dan/ataudiberhentikan oleh DPR, akan tetapi sebagai konsekuensi yang waiar
(logis) dari tugasclankedudukannya, ditambah pula ketentuan dalam penjelasan
yang mengatakan bahwa Presidenharus memperhatikan sungguh-sungguh suara DPR.
e. Hubungan
Antara Presiden dengan Menteri-Menteri
Meskipun
kedudukan Para menteri tergantung kepada Presiden, mereka bukan pegawaitinggi
biasa, oleh karena itu menteri-menterilah yang terutama menjalankan pemerintahandalam
prakteknya, sebagai pemimpin departemen menteri mengetahui seluk-beluk
mengenailingkungan pekerjaannya.
f.
Hubungan Antara Mahkamah Agung Dengan Lembaga Negara Lainnya.
Dalam Pasal 24
ayat (1) UUD 1945 disebutkan bahwa kekuasaan kehakiman dilakukanoleh sebuah
Mahkamah Agung dan lain-lain Badan Kehakiman menurut susunan dan kekuasaan
Badan-Badan
Kehakiman tersebut diatur menetapkan hubungan antara Mahkamah Agungdengan
lembaga-lembaga lainnya.Mahkamah Agung sebagai Lembaga Tinggi Negara dalam
bidang kehakiman dari tingkatyang lebih tinggi, berwenang menyatakan tidak sah
peraturan perundangan dari tingkat yanglebih tinggi.
g. Hubungan
Antara BPK Dengan DPR
BPK bertugas
untuk memeriksa tanggung jawab pemerintah tentang keuangan negaradan memeriksa
semua pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara dan
hasilpemeriksaannya itu diberitahukan kepada DPR dan DPRD (Pasal 23-E ayat (2))
untuk mengikutidan menilai kebijakan ekonomis financial pemerintah yang
dijalankan oleh aparaturadministrasi negara yang dipimpin oleh pemerintah
MODUL 3
1. Jelaskan
pengertian ideologi dan dimensi-dimensinya!Jawab:Pengertian Ideologi
Secara
etimologi, istilah ideologi berasal dari bahasa Yunani yaitu dari
kata “eidos”
dan“logos”. Eidos berarti idea, gagasan, cita
-cita ataupun
konsep. Sedangkan logos berarti ilmu,ajaran, atau paham. Jadi, ideologi adalah
ilmu atau ajaran tentang idea-idea, gagasan-gagasan,atau cita-cita tertentu.
Dimensi-Dimensi
Ideologi:
1. Dimensi
Realitas : Pada dimensi ini, ideologi merupakan pencerminan realitas yang
hidupdalam masyarakat.2. Dimensi Idealitas : Disini ideologi mengandung
cita-cita dalam berbagai bidang kehidupanyang ingin dicapai oleh masyarakat
penganutnya.3.Dimensi Normalitas : Artinya ideologi mengandung nilai-nilai yang
bersifat mengikatmasyarakatnya.4.Dimensi Fleksibilitas : Disini ideologi
seyogyanya dapat mengikuti spirit perkembangan zaman,sesuai tuntunan
perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi.
2.
Jelaskan peranan ideology dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan
bernegara!Jawab:
a. Sebagai
DasarArtinya merupakan pangkal tolak, asas atau fundasi di atas mana semua
kegiatan kehidupanmasyarakat, bangsa, dan Negara dibangun.b. Sebagai
PengarahArtinya sebagai pengatur dan pengendali kehidupan masyarakat, bangsa
dan Negara berupanorma-norma atau aturan-aturan yang harus dipatuhi agar arah
untuk mencapai cita-cita atautujuan tidak menyimpang.c.Sebagai TujuanArtinya
semua aktivitas dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara
padaakhirnya mengarah pada suatu tujuan atau cita-cita yang terkandung dalam
ideologi yangdipakai.
3. Jelaskan
perbandingan pancasila dengan ideology lainnya di dunia!
a.Ideologi
Pancasila :Ideologi Pancasila : memandang manusia sebagai makhluk individu dan
makhluk sosial.Monodualisme ini adalah kodrati, maka manusia tidak dapat hidup
sendirian, ia selalumembutuhkan yang lain.b. Ideologi Liberal :Ideologi liberal
memandang bahwa sejak manusia dilahirkan bebas dan dibekali penciptanyasejumlah
hak azasi, yaitu hak hidup, hak kebebasan, hak kesamaan, hak kebahagiaan,
makanilai kebebasan itulah yang utama. Metode berfikir ideologi ini ialah
liberalistik yang berwatakindividualistik.c. Ideologi Komunis :Ideologi
Komunistik mendasarkan diri pada premise bahwa semua materi berkembangmengikuti
hukum kontradiksi, dengan menempuh proses dialetik.
4. Jelaskan
pengertian reformasi sosio-moral!
Ideologi yang
bersumber pada filsafat pancasila maka reformasi kita bersifat socio-moral.Yang
dimaksud adalah proses pembaruan melalui perbaikan moral dalam kelompok
sosialmasyarakatBagi ideologi pancasila diperlukan adanya sadar kehendak (dalam
arti tidak akanterombang-ambing). Agar tidak terombang-ambing maka sadar
kehendak ini perlu sadar tujuan,sadar laku (usaha) dan sadar landasan
MODUL 4
1. Jelaskan pengertian identitas
nasional!Jawab:
Kataidentitasberasal
dari bahasa InggrisIdentity yang memiliki pengertian harafiah ciri-ciri,
tanda-tanda atau jati diri yang melekat pada seseorang atau sesuatu yang
membedakannyadengan yang lain. Sedangkan katanasional
merupakan
identitas yang melekat pada kelompok-kelompok yang lebih besar yang diikat oleh
kesamaan-kesamaan.Dengan kata lain dapat dikatakan bahwa hakikat Identitas
Nasional kita sebagai bangsadi dalam hidup dan kehidupan berbangsa dan
bernegara adalah Pancasila
2. Jelaskan
unsur-unsur pembentukan identitas nasional!Jawab :
Identitas
Nasional Indonesia merujuk pada suatu bangsa yang majemuk, yaitu sebagaiberikut
:1) Suku Bangsa: adalah golongan sosial yang khusus yang bersifat askriptif
(ada sejak lahir).2) Agama: bangsa Indonesia dikenal sebagai masyarakat yang
agamis.3)Kebudayaan: pengetahuan manusia sebagai makhluk sosial yang isinya
adalah perangkat-perangkat atau model-model pengetahuan yang secara kolektif
digunakan oleh pendukung-pendukungnya untuk menafsirkan dan memahami
lingkungan.4) Bahasa: dipahami sebagai sistem perlambang yang secara arbiter
dibentuk atas unsur-unsurbunyi ucapan manusia dan yang digunakan sebagai sarana
berinteraksi antar manusia.
3. Jelaskan
pengertian globalisasi dan hubungannya dengan identitas nasional!Jawab :
Globalisasi
diartikan sebagai suatu era atau jaman yang ditandai dengan perubahantatanan
kehidupan dunia akibat kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi,
teristimewateknologi informasi sehingga interaksi manusia menjadi sempit, dunia
tanpa ruang.Dengan adanya globalisasi, intensitas hubungan masyarakat antara
satu negara dengannegara yang lain menjadi semakin tinggi. Dengan demikian
kecenderungan munculnyakejahatan yang bersifat transnasional menjadi semakin sering
terjadi.Masalah-masalah tersebut berpengaruh terhadap nilai-nilai budaya bangsa
yang selamaini dijunjung tinggi mulai memudar.Jika hal tersebut tidak dapat
dibendung maka akanmengganggu terhadap ketahanan nasional di segala aspek
kehidupan bahkan akanmenyebabkan lunturnya nilai-nilai identitas nasional.
4. Jelaskan
pengertian nasionalisme dan hubungannya dengan identitas nasional!Jawab :
Paham
Nasionalisme atau Paham Kebangsaan adalah sebuah situasi kejiwaan
dimanakesetiaan seseorang secara total diabdikan langsung kepada negara bangsa
atas nama sebuahbangsa.Unsur persamaan tersebut dapat dijadikan sebagai
identitas politik bersama atau untukmenentukan tujuan organisasi politik yang
dibangun berdasarkan geopolitik yang terdiri ataspopulasi, geografis dan pemerintahan
yang permanen yang disebut negara atau state.Sehingga bisa dikatakan bahwa
Paham Nasionalisme atau Kebangsaan disini adalahmerupakan refleksi dari
Identitas Nasional.
MODUL 6
1. Jelaskan
pengertian politik dan strategi nasional!Jawab:
Politik
merupakan suatu rangkaian asas, prinsip, keadaan, jalan, cara, dan alat
yangdigunakan untuk mencapai tujun tertentu yang dikehendaki.Strategi pada
dasarnya merupakan seni dan ilmu dalam menggunakan sertamengembangkan kekuatan
(ideology), politik, sosial budaya, dan hukum dan keamanan untukmencapai tujuan
yang telah di tetapkan sebelumnya.
2. Jelaskan
mekanisme penyusunan politik dan strategi nasional RI!Jawab:
Mekanisme
penyusunan politik dan strategi nasional ditingkat suprastruktur politikdiatur
oleh presiden.Dalam melaksanakan tugas ini, presiden dibantu oleh berbagai
lembagatinggi negara lainnya serta dewan-dewan yang merupakan badan
koordinasi.Proses penyusunan politik dan strategi nasional ditingkat
suprastruktur politik dilakukansetelah presiden menerima GBHN. Selanjutnya,
presiden menyusun program kabinet danmemilih menteri-menteri yang akan
melaksanakan program-program tersebut.Proses politik dan strategi nasional pada
infrastruktur politik merupakan sasaran yangakan dicapai oleh rakyat Indonesia.
3. Jelaskan
stratifikasi politik nasional!Jawab:
Stratifikasi
politik (kebijakan) nasional dalam Negara Republik Indonesia sebagaiberikut :a.
Tingkat Penentu Kebijakan Puncak1) Tingkat kebijakan puncak meliputi kebijakan
tertinggi yang menyeluruh secaranasional dan mencakup penentuan Undan-Undang
Dasar.2) Dalam hal dan keadaan yang menyangkut kekuasaan kepala negara,
sepertitercantum pada Pasal 10 sampai dengan Pasal 15 UUD 1945, tingkat
penentuankebijakan puncak mencakup kewenangan presiden.b. Tingkat Kebijakan
UmumTingkat kebijakan umum merupakan tingkat kebijakan dibawah tingkat
kebijakanpuncak yang lingkupnya juga menyeluruh nasional.c. Tingkat Penentu
Kebijakan KhususKebijakan khusus merupakan penggarisan terhadap suatu bidang
utama (major area)pemerintahan.d. Tingkat Penentuan Kebijakan TeknisKebijakan
teknis meliputi penggarisan dalam satu sector dari bidang utama diatas
dalambentuk prosedur serta teknik untuk mengimplementasikan rencana, program,
dan kegiatan.
4. Jelaskan
makna pembangunan nasional!Jawab :
Pembangunan
nasional merupakan usaha peningkatan kualitas manusia dan masyarakatIndonesia
secara berkelanjutan dengan memanfaatkan kemajuan ilmu pengetahuan
danteknologi, serta dengan memperhatikan tantangan perkembangan
global.Pelaksanaannya mengacu pada kepribadian bangsa-bangsa dan nilai luhur yanguniversal
untuk mewujudkan kehidupan bangsa yang berdaulat, mandiri, berkeadilan,
sejahtera,maju, serta kukuh kekuatan moral dan etikanya
MODUL 7
1. Jelaskan
pengertian demokrasi!Jawab:
Demokrasi
berasal dari kata Yunanidemosdankratos. Demosartinyarakyat,kratosberarti
pemerintahan. Jadi,demokrasi,artinya pemerintahan rakyat, yaitupemerintahan
yang rakyatnya memegang peranan yang sangat menentukan.
2. Jelaskan
demokrasi sebagai sistem politik, sistem ketatanegaraan dan sebagai
sistembudaya!Jawab:
Demokrasi
sebagai sistem politikmemiliki makna lebih luas dari bentuk pemerintahan.Sistem
politik dapat dibedakan dari sistem politik demokrasi dan nondemokrasi.Sistem
politik demokrasi, sistem pemerintahan dalam suatu negara yang
menjalankanprinsip demokrasi yaitu tidak sewenangwenang, kekuasaan tidak tak
terbatas. Danmengutamakan kepentingan umum dan keadilan.Sistem politik non
demokrasi, politik otoriter, totaliter,diktator, rezim militer, rezim
satupartai, monarki absolut, dan sistem komunis. Negara berbentuk kerajaan
ataupun republikdapat saja merupakan negara demokrasi atau negara kediktatoran
, tergantung dari prinsipprinsip yang dijalankan dalam penyelenggaraan
negara.Dengan demikian, ada negara kerajaan yang demokratis dan negara kerajaan
yangbersifat otoriter. Demikian pula ada negara republik yang demokratis dan
ada negara republikyang otoriter.
Demokrasi
sebagai sistem ketatanegaraanadalah bahwa setiap regulasi dan peraturanitu
harus seimbang dan mengutamakan kepentingan rakyat.Berdasarkan ciri-ciri
sistemdemokrasi maka penjabaran demokrasi dalam ketatanegara Indonesia dapat
ditemukan dalamkonsep demokrasi sebagaimana terdapat dalam UUD 1945 sebagai
‘staats fundamentalnorm’.
Demokrasi
sebagai sistem budaya
perlu dipahami
bahwa istilah demokrasi bertolak darisuatu pola pikir bahwa manusia
diperlakukan dan ditempatkan sesuai dengan harkat danmartabatnya sebagai mahluk
Tuhan. Keinginan, aspirasi, dan pendapat individu dihargai, danmereka diberikan
hak untuk menyampaikan keinginan, aspirasi, harapan dan pendapatnya.
3. Jelaskan
jenis-jenis demokrasi!
a. Demokrasi
berdasarkan cara penyampaian pendapat terbagi ke dalam :1) Demokrasi langsung2)
Demokrasi tidak langsung atau demokrasi perwakilan3) Demokrasi perwakilan
dengan sistem pengawasan langsung dari rakyatb. Demokrasi berdasarkan titik
perhatian atau perioritasnya terdiri dari :1) Demokrasi formal2) Demokrasi
material3) Demokrasi campuranc. Demokrasi dibagi berdasarkan prisip ideologi
:1) Demokrasi liberal2) Demokrasi rakyat atau demokrasi Proletard. Bedasarkan
wewenang dan hubungan antara alat kelengkapan negara, demokrasi dibagimenjadi
:1) Demokrasi sistem parlementer2) Demokrasi sistem pemisahan/pebagian
kekuasaan (Presidensil)
4. Jelaskan
pengertian demokrasi pancasila dan bandingkan dengan sistem
demokrasilainnya!Jawab:
Demokrasi
Pancasila adalah demokrasi bersumberkan pada pola pikir dan tata nilaisosial
budaya bangsa Indonesia, dan menghargai hak individu yang tidak terlepas
darikepentingan sosial.Perbandingan Demokrasi Pancasila dengan demokrasi
lainnya dalam hal ini demokrasiliberal dan komunis :1. Ditinjau dari hukum-
Demokrasi Liberal : Warga Negara mempunyai kebebasan yang luas untukbertindak,
asal tidak melanggar hukum.- Demokrasi Komunis : Hukum yang berlaku di sana
kurang ketat, sehingga keadaankaum ada batasan-batasan tertentu.- Demokrasi
Pancasila : Warga Negara menganut aturan sesuai dengan UUD 1945.2. Ditinjau
dari agama- Demokrasi Liberal : Masalah ketuhanan adalah masalah pribadi Negara
tidakmencapai urusan agama warga Negara bebas beragama atau tidak beragama.-
Demokrasi Komunis : Penganut demokrasi ini tidak percaya kepada Tuhan,kehidupan
manusia berdasarkan suatu evolusi di tentukan oleh hukum-hukumkehidupan
tertentu.
- Demokrasi
Pancasila : Masalah agama, adalah hak pribadi(berhak memilihkepercayaan
masing-masing).3. Ditinjau dari ekonomi- Demokrasi Liberal : Dalam
perekonomiaan membuka persaingan sekuat-kuatnya,akumulasi modal berada pada
beberapa kelompok kecil masyarakat.- Demokrasi Komunis : Sistem ekonomi di atur
sentralistis/penguasaan olehpusat/Negara kalau ada ekonomi swasta ia sangat
terbatas.- Demokrasi Pancasila : Sistem perekonomian melibatkan pemerintah.
Para pengusahaswasta dan seluruh rakyat baik golongan ekonomi lemah maupun
golongan ekonomiaktif/kuat.Dalam usaha mencapai kemakmuran bangsa.saling
membantu kegiatanekonomi.4. Ditinjau dari praktek ketatanegaraan- Demokrasi
Liberal : Kepentingan dan hak warga Negara lebih di pentingkan daripada
kepentingan Negara (tapi bukan berarti kepentingan masyarakat/Negaradiabaikan)-
Demokrasi Komunis : Politik berdasarkan kekuasaan pemerintahan dictator
dandilakukan oleh sedikit orang, perbedaan kaya miskin tidak ada, tapi muncul
kelas baru.- Demokrasi Pancasila : Praktek ketatanegaraan dilaksanakan
berdasarkan UUD 1945dan Pancasila.5. Ditinjau dari penguasa- Demokrasi Liberal
: Kekuasaan tertinggi di pegang oleh golongan bangsawan.- Demokrasi Komunis :
Kekuasaan tertinggi di pegang oleh partai.- Demokrasi Pancasila : Kekuasaan
tertinggi di pegang oleh pemerintah.
MODUL 8
1. Jelaskan
pengertian Hak Asasi Manusia!Jawab:
HAM adalah
hak-hak yang melekat pada diri manusia, tanpa hak-hak itu manusia tidakdapat
hidup layak sebagai manusia.Hak tersebut diperoleh bersama dengan kelahirannya
ataukehadirannya di dalam kehidupan masyarakat (tilaar 2001).
2. Jelaskan
prinsip-prinsip Hak Asasi Manusia!Jawab:
Ada delapan
prinsip hak asasi manusia, yakni:
Pertama, prinsip
universalitasadalah prinsip yang dimiliki dalam nilai-nilai etik danmoral,
masyarakatnya harus mengakui dan menyokong hak-hak asasi manusia.
Prinsip yang
kedua
, pemartabatan
terhadap manusia (human dignity). Prinsip inimenegaskan perlunya setiap orang
untuk menghormati hak orang lain.
Prinsip yang
ketiga,
non-diskriminasi,
dimana menjelaskan bahwa tiada perlakuan yangmembedakan dalam rangka
penghormatan, perlindungan dan pemenuhan hak-hak seseorang.
Prinsip yang
keempat,
equality atau
persamaan. Konsep persamaan menegaskanpemahaman tentang penghormatan untuk
martabat yang melekat pada setiap manusia.
Prinsip yang
kelima,
indivisibility.
Suatu hak tidak bisa dipisah-pisahkan antara yangsatu dengan yang lainnya.
Prinsip yang
keenam,
inalienability.
Pemahaman prinsip atas hak yang tidak bisadipindahkan.
Prinsip yang
ketujuh,
interdependency
(saling ketergantungan), dimana setiap hak-hakyang dimiliki setiap orang itu
tergantung dengan hak-hak asasi manusia lainnya dalamlingkungan manapun.
Prinsip yang
kedelapan,
responsibilitas
atau pertanggungjawaban. Prinsippertanggungjawaban hak-hak asasi manusia ini
menegaskan bahwa perlunya mengambillangkah dalam penegakan HAM.
3. Jelaskan
secara singkat sejarah HAM di dunia!Jawab:
Hak asasi adalah
hak yang dimiliki manusia yang telah diperoleh dan dibawanyabersamaan dengan
kelahiran/kehadirannya di dalam kehidupan masyarakat.Berawal dari 2perang besar
didunia (PD I dan PD II) timbul keinginan untuk merumuskan hak-hak asasimanusia
dalam naskah internasional. Usaha ini pada tahun 1948 berhasil dengan
diterimanyaUniversal Declaration of Human Rights (pernyataan sedunia tentang
Hak-Hak Asasi Manusia)oleh negara-negara yang tergabung dalam PBB.Sejalan
dengan pemikiran itu, maka Komisi Hak-Hak Asasi Manusia (Commission onHuman
Rights) yang pada tahun 1946 didirikan oleh PBB, menetapkan secara
terperincibeberapa hak ekonomi dan sosial, disamping hak-hak politik. Pada
tahun 1948 hasil pekerjaankomisi ini, pernyataan sedunia tentang Hak-Hak Asasi
Manusia (Universal Declaration of HumanRights), diterima secara aklamasi oleh
negara-negara yang tergabung dalam PBB.
4. Jelaskan
implementasi HAM di Indonesia dan mekanisme pemecahan masalah
pelanggaranHAM!Implementasi Hak Asasi Dan Kewajiban Asasi Dalam Sila-Sila
Pancasila
a. Sila Pertama
Hak
AsasiKewajiban Asasi
Hak memilih dan
mengakui agama dankepercayaan kepada Tuhan YMEMelaksanakan perintah dan larangan
TuhanYME menurut agama dan kepercayaanmasing-masingb.
Sila Kedua
Hak
AsasiKewajiban Asasi
Manusia sebagai
mahluk individu, memilikihak asasi yang dapat dinikmati dandipertahankan
terhadap godaan dari segalaarahSaling membantu, saling menolong danbekerjasama
dengan sesama manusiab.
Sila Ketiga
Hak
AsasiKewajiban Asasi
Persatuan
Indonesia, artinya sikapmengutamakan kepentingan bangsa di ataskepentingan
suku, golongan, partai dll. Berartipersatuan antar suku, golongan, partai
itumemiliki kedudukan dan kesempatan yangsama di Indonesia, dalam arti
adanyakeseimbangan dengan tidak mengutamakanyang satu dan mengabaikan yang
lainnya.Mengutamakan kepentingan umum ataubersama daripada kepentingan
golongan,suku, agama, kelompok atau kepentinganpribadib.
Sila Keempat
Hak
AsasiKewajiban Asasi
Negara RI
dibentuk dari, oleh, dan untukrakyatPatuh dan taat kepada rambu-rambu
hukumdalam kehidupan demokrasib.
Sila Kelima
Hak
AsasiKewajiban Asasi
Keadilan Sosial
barujud hendak melaksanakankesejahteraan umum bagi seluruh anggotamasyarakat,
yaitu keadilan yang memberiPerimbangan dimana hak milik berfungsi
sosialMelakukan kontrol sosial kepada parapembimbing negara baik yang formal
maupunnon formal demi kepentingan bersama
Mekanisme
Penyelesaian Pelanggaran Hak Asasi Manusia
Setiap
permasalahan semestinya harus ada mekanisme penyelesaian yang disiapkansebagai
satu kebijakan.Demikian pula halnya dengan masalah pelanggaran HAM.Setiap
orangdan atau kelompok orang yang memiliki alasan kuat bahwa hak azasinya telah
dilanggar dapatmengajukan laporan dan pengaduan lisan atau tertulis pada Komnas
HAM.Komnas HAM berfungsi mediasi.
Sedangkan untuk
pengadilan pelanggaran HAM yangberat dibentuk pengadilan HAM di lingkungan
peradilan Umum.
MODUL 9
1. Jelaskan
pengertian rule of law dan sejarahnya!
Berdasarkan
pengertiannya, Friedman (1959) membedakan rule of law menjadi 2 (dua),yaitu
pengertian secara formal (in the formal sense) dan pengertian secara
hakiki/materiil(ideological sence). Secara formal, rule of law diartikan
sebagai kekuasaan umum yangterorganisasi (organized public power), misalnya
negara. Sementara itu, secara hakiki, rule of law terkait dengan penegakan
rule of law karena menyangkut ukuran hukum yang baik danburuk (just and unjust
law).
2. Jelaskan
prinsip rule of law secara formal di IndonesiaJawab:
Di Indonesia,
prinsip-prinsip rule of law secara formal tertera dalam pembukaan UUD1945 yang
menyatakan :
a. bahwa
kemerdekaan itu adalah hak segala bangsa,… karena tidak sesuai
dengan
perikemanusiaan dan “peri keadilan”;
b.
,..kemerdekaan Indonesia, yang merdeka, bersatu, berdaulat, “adil” dan makmur;
c. ,.untuk
memajukam “kesejahteraan umum”,… dan “keadilan sosial”;
d.
,.disusunlah kemerdekaan kebangsaan Indonesia itu dalam
suatu “Undang-Undang
DasarNegara Indonesia”;
e. “…
kemanusiaan yang adil dan beradab”;f. … serta dengan mewujudkan suatu “keadilan
sosial” bagi seluruh rakyat Indonesia.
Prinsip-prinsip
tersebut pada hakikatnya merupakan jaminan secara formal terhadap
“rasa keadilan”
bagi rakyat Indonesia, juga “keadilan sosial” sehingga Pembukaan UUD
1945bersifat tetap dan instruktif bagi penyelenggaraan negara.
3. Jelaskan
strategi pelaksanaan rule of law!Jawab:
Agar
pelaksanaan (pengembangan)Rule of Law berjalan efektif sesuai dengan
yangdiharapkan, maka:
1.Keberhasilan
“the enforcement of the rules of law” harus didasarkan pada corak
masyarakat hukum
yang bersangkutan dan kepribadian nasional masing-masing bangsa;2.Rule of
Law yang merupakan institusi sosial harus didasarkan pada akar budaya
yangtumbuh dan berkembang pada bangsa;
3.Rule of
Law sebagai suatu legalisme yang memuat wawasan sosial, gagasan tentanghubungan
antar manusia, masyarakat dan negara, harus dapat ditegakkan secara adil,
danhanya memihak kepada keadilan.
4. Jelaskan
tujuan dari implementasi rule of law!Jawab:
Tujuan Rule of
Law dalam arti material untuk melindungi warga masyarakat daritindakan
sewenang-wenang dari penguasa, sehingga memungkin manusia menikmatimartabatnya
sebagai manusia. Penegakan Rule of Law di Indonesia berkisar pada
usaha-usahaeksekutif diatur dan dibatasi oleh hokum, adanya usaha pencegahan
(prevensi) dan tindakan(represi).
MODUL 10
1. Jelaskan pengertian bangsa, negara,
penduduk dan warga negara!Jawab :
Bangsaadalah
orang-orang yang memiliki kesamaan asal keturunan, adat, dan sejarah,serta
berpemerintahan sendiri.
Negaramerupakan
wadah yang memungkinkan seseorang dapat mengembangkanbakat dan
potensinya.Negara dapat memungkinkan rakyatnya maju berkembang
sertamengekspresikan daya cipta atau kreativiatas sebebasnya, bahkan Negara
memberikanpembinaan.
Pendudukmenurut
pasal 26 Ayat (2) UUD1945 ialah warga Negara Indonesia dan orangasing yang
bertempat tingal di Indonesia.
Warga
Negaramenurut Pasal 26 Ayat (1) ialah orang-orang bangsa Indonesia asli
danorang-orang bangsa lain yang disahkan dengan Undang-Undang sebagai warga
Negara.
2. Jelaskan hak
dan kewajiban sebagai warga negara!Jawab:
Hak dan
kewajiban warga negara sebagaimana dinyatakan dalam UUD 1945 merupakanketentuan
dasar bagi warga negara untuk dijadikan sumber hukum dan pedoman bagi
warganegara dan pemerintahan negara dalam upaya membela negara melalui berbagai
bidangkehidupan nasional. Secara garis besar, hak dan kewajiban warga negara
dalam UUD 1945dicantumkan pada:a. Pasal 6 tentang pencalonan Presiden dan Wakil
Presidenb. Pasal 26 tentang warga negara dan pendudukc.Pasal 27 tentang
kedudukan warga negara dalam hukum dan pemerintahand.Pasal 28 tentang
berserikat, berkumpul dan mengeluarkan pendapat.e.Pasal 28 A-1 tentang HAM
Indonesiaf.Pasal 28-J tentang kewajiban warga negara Indonesia dalam
menjalankan hak dankebebasannya.g.Pasal 29 tentang kebebasan memeluk agama
masing-masingh.Pasal 30 tentang hak dan kewajiban warga negara untuk ikut serta
dalam usahapertahanan dan keamanan negarai. Pasal 31 tentang hak dan kewajiban
warga negara mengikuti pendidikan j. Pasal 34 tentang hak bagi fakir
miskin dan anak terlantar memperoleh jaminankesejahteraan sosial
3. Jelaskan asas
kewarganegaraan dan permasalahan kewarganegaraan di Indonesia!Jawab:
Setiap negara
mempunyai kebebasan dan kewenangan untuk menentukan asaskewarganegaraan, dalam
asas kewarganegaraan dikenal beberapa pedoman, yaitu :
a.Asas Kelahiran
(Ius Soli)
adalah penentuan
status kewarganegaraan berdasarkan tempatatau daerah kelahiran seseorang.
b. Asas
Keturunan (ius sanguinis)
adalah pedoman
kewarganegaraan berdasarkan pertaliandarah atau keturunan.
c. Asas Perkawinan,
bahwa status
kewarganegaraan dapat dilihat dari sisi perkawinan.
d. Unsur
Pewarganegaraan (naturalisasi),
dalam
naturalisasi ada yang bersifat aktif, yaituseorang yang dapat menggunakan hak
opsi untuk memilih atau mengajukan kehandak untukmenjadi warga negara dari
suatu negara.
Problem Status
Kewarganegaraan
a. Apatride,
yaitu seseorang
tidak mendapatkan kewarganegaraan disebabkan oleh orangtersebut lahir di sebuah
negara yang menganut asas ius sanguinis.
b. Bipatride,
yaitu seseorang
akan mendapatkan dua kewarganegaraan apabila orang tersebutberasal dari orang
tua yang negara asalnya menganut sanguinis, sedangkan ia lahir di suatunegara
yang menganut ius soli.
c. Multipatride
, yaitu
seseorang (penduduk) yang tinggal di perbatasan antardua negara.
4. Jelaskan yang
dimaksud warga negara menurut Undang-Undang No.12 / 2006!
Menurut
Undang-Undang RI No. 12 Tahun 2006, yang dimaksud Warga NegaraIndonesia adalah
orang-orang bangsa Indonesia asli dan orang-orang bangsa lain yang
disahkandengan undang-undang sebagai warga negara. Secara garis besar Warga
Negara Indonesiatersebut adalah :a. Setiap orang yang sudah menjadi WNI
berdasarkan perundang-undangan dan perjanjianpemerintah Republik Indonesia
dengan negara lain sebelum berlakunya.b. Anak yang lahir dari perkawinan ayah
dan ibu WNI,c. Anak yang lahir dari perkawinan ayah WNI dan ibu WNA,d. Anak
yang lahir dari perkawinan ayah WNA dan ibu WNI,e. Anak yang lahir dari
perkawinan ibu WNI tetapi ayahnya tidak mempunyaikewarganegaraan atauf. Anak
yang lahir dalam tenggang waktu 300 hari setelah ayahnya meninggal dunia
dariperkawinan yang sah dan ayahnya WNI,g. Anak yang lahir di luar perkawinan
yang sah dari seorang ibu WNIh. Anak yang lahir di luar perkawinan yang sah
dari seorang ibu WNA yang diakui oleh seorangayah WNI dan pengakuan itu
dilakukan sebelum anak berusia 18 tahun atau belum nikah,
i.
Anak
yang lahir di wilayah Negara Republik Indonesia yang waktu lahir tidak jelas
statuskewarganegaraan ayah dan ibunya, j. Anak yang baru lahir ditemukan
di wilayah Negara Republik Indonesia selama ayah danibunya tidak diketahui,k.
Anak yang baru lahir di wilayah Negara Republik Indonesia apabila ayah dan
ibunya tidakmempunyai kewarganegaraan atau tidak diketahui keberadaannya,l.
Anak yang dilahirkan diluar wilayah Negara Republik Indonesia dari seorang ayah
dan ibuWarga Negara Indonesia yang karena ketentuan dari negara tempat anak
tersebutdilahirkan tidak memberikan kewarganegaraan kepada anak yang
bersangkutan,m. Anak dari seorang ayah atau ibu yang telah dikabulkan permohonan
kewarganegaraannyakemudian ayah atau ibunya meninggal dunia sebelum mengucapkan
sumpah atau janji setia.
MODUL 11
1.
Jelaskan pengertian geopolitik!
Menurut
etimologi geopolitik berasal dari dua kata yaitu “geo” yang berarti bumi
dan“politik” yang berhubungan dengan kekuasaan atau
pemerintahan,
sedangkan menurut istilahgeopolitik adalah suatu studi yang mengkaji
masalah-masalah geografi, sejarah dan ilmu sosial,dengan merujuk kepada
percaturan politik internasional.
2.
Jelaskan konsepsi-konsepsi geopolitik!Jawab :
1.
Konsepsi Ruang, yang merupakan aktualisasi dari pemikiran Negara sebagai
organisasi hidup.2. Konsepsi Frontier, yang merupakan konsekuensi dari
kebutuhan dan lingkungan.3. Konsepsi Politik Kekuatan, yang ingin menjelaskan
tentang kehidupan bernegara.4. Konsepsi Keamanan Negara dan Bangsa, yang
kemudian melahirkan konsepsi geostrategi.
3.
Gambaran secara singkat kondisi geopolitik Indonesia!
Pembangunan
geopolitik Indonesia sudah dimulai oleh para pendiri bangsa melalui ikrarsumpah
pemuda, satu nusa yang berarti keutuhan ruang nusantara, satu bangsa
yangmerupakan landasan kebangsaan Indonesia, satu bahasa yang merupakan faktor
pemersatuseluruh ruang nusantara beserta isinya. Rasa kebangsaan merupakan
perekat persatuan dankesatuan, baik dalam makna spirit maupun moral, sehingga
membantu meniadakan adanyaperbedaan fisik yang disebabkan adanya perbedaan
letak geografi.Kondisi geografis suatu negara atau wilayah menjadi sangat
penting dan menjadipertimbangan pokok berbagai kebijakan, termasuk juga dalam
merumuskan kebijakankeamanan nasional (national security) atau keamanan manusia
(human security).
4.
Jelaskan wawasan nusantara sebagai landasan geopolitik Indonesia!
Geopolitik
indonesia dinamakan wawasan nusantara, yang secara umum didefinisikansebagai
cara pandang dan sikap bangsa indonesia tentang dirinya yang bhinneka,
sertalingkungan geografinya yang berwujud negara kepulauan berdasarkan
pancasila dan UUD 1945.Wajah Wasantara dalam pengembangannya dipandang sebagai
konsepsi politikketatanegaraan dalam upaya mewujudkan tujuan nasional.
1.
Jelaskan pengertian geostrategi!
Geostartegi
merupakan strategi dalam memanfaatkan konstelasi geografi negara
untukmenentukan kebijakan, tujuan, serta sarana-sarana untuk mencapai tujuan nasional.
2.
Jelaskan perkembangan geostrategi Indonesia!
Pada
awalnya pengembangan awal geostrategi Indonesia digagas Sekolah Staf danKomando
Angkatan Darat (SESKOAD) Bandung tahun 1962. Isi konsep geostrategic
Indonesiayang tenimus adalah pentingnya pengkajian terhadap perkembangan
lingkungan strategi.Geostrategi Indonesia pada waktu itu dimaknai sebagai
strategi untuk mengembangkandan membangun kemampuan teritorial dan kemampuan
gerilya.Pada tahun 1965-an lembaga ketahanan nasional mengembangkan konsep geostrategiIndonesia
yang lebih.Sejak tahun 1972 Lembaga Ketahanan Nasional terus melakukan
pengkajian tentanggeostrategi Indonesia yang lebih sesuai dengan konstelasi
Indonesia.Terhitung mulai tahun 1974 geostrategi Indonesia ditegaskan wujudnya
dalam bentukrumusan ketahanan nasional sebagai kondisi, metode, dan doktrin
dalam pembangunannasional.
3.
Jelaskan landasan geostrategi Indonesia!
Dalam
Pembukaan UUD 1945 dijelaskan setelah alinea III tentang pernyataan
proklamasi,…."Kemudian
daripada itu untuk membentuk suatu Pemerintahan Negara Indonesiayang melindungi
segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dan untukmemajukan
kesejahteraan umum mencerdsasan kehidupan bangsa.." pernyataan
dalamPembukaan UUD 1945 tersebut sebagai landasan fundamental geostrategi
Indonesia.
4.
Jelaskan konsepsi dasar ketahanan nasional!
1)
Model AstagatraModel ini merupakan perangkat hubungan bidang-bidang kehidupan
manusia danbudaya yang berlangsung di atas bumi ini dengan memanfaatkan segala
kekayaan alam yangdapat dicapai dengan menggunakan kemampuannya.2) Model
MorgenthauModel ini bersifat deskriptif kualitatif dengan jumlah gatra yang
cukup banyak. Dalamanalisisnya, Morgenthau menekankan pentingnya kekuatan
nasional dibina dalam kaitairnyadengan negara-negara lain.3) Model Alfred
Thayer MahanMahan dalam bukunya "The Influence Seapower on History"
mengatakan bahwakekuatan nasional suatu harus memenuhi unsur-unsur berikut:
Letak geografi, bentuk atauwujud bumi, luas wilayah, jumlah penduduk, watak nasional
atau bangsa, sifat pemerintahan.4) Model ClineCline melihat suatu negara dan
luar sebagaimana dipersepsikan oleh negara lain.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar